Minggu, 21 Mei 2017

Teknik Pengambilan Gambar dalam film

Sudut pandang kamera (camera Angel)
Camera angel merupakan teknik pengambilan gambar dari sudut pandang tertentu untuk
mengekspose aksi subyek.
Bird Eye View
Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian objek. Hasilnya akan terlihat lingkungan yang luas dan benda-benda lain tampak kecil dan berserakan.

High Angle
Sudut pengambilan dari atas objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat kecil. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai “kerdil”.
Low Angle

Sudut pengambilan dari arah bawah objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat besar. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai agung/ prominance, berwibawa, kuat, dominan.

Eye Level

Sudut pengambilan gambar sejajar dengan objek. Hasilnya memperlihatkan tangkapan pandangan mata seseorang. Teknik ini tidak memiliki kesan dramatis melainkan kesan wajar.

Frog Eye

Sudut pengambilan gambar dengan ketinggian kamera sejajar dengan alas/dasar kedudukan objek atau lebih rendah. Hasilnya akan tampak seolah-olah mata penonton mewakili mata katak.



Jenis- Jenis Shot
Ukuran gambar biasanya dikaitkan dengan tujuan pengambilan gambar, tingkat emosi, situasi dan kondisi objek. Terdapat bermacam-macam istilah antara lain:

Extreme Close Up (ECU/XCU)


Mengambil gambar secara detail, seperti hidung pemain atau bibir atau ujung tumit dari sepatu.
Big Close Up (BCU)
pengambilan gambar dari sebatas kepala hingga dagu.

Close Up (CU)

gambar diambil dari jarak dekat, dari batas bahu sampai atas kepala.
Medium Close Up (MCU)

Pengambilan gambar dari kepala hingga batas dada.
Medium Shot (MS)

Pengambilan gambar dari batas kepala sampai pinggang.

Knee Shot (KS)

pengambilan gambar objek dari kepala hingga lutut.
Full Shot (FS)

pengambilan gambar objek secara penuh dari kepala sampai kaki.
Long Shot (LS)

pengambilan secara keseluruhan. Gambar diambil dari jarak jauh, seluruh objek terkena hingga latar belakang objek.
Medium Long Shot (MLS)

gambar diambil dari jarak yang wajar, sehingga jika misalnya terdapat 3 objek maka seluruhnya akan terlihat. Bila objeknya satu orang maka tampak dari kepala sampai lutut.
Extreme Long Shot (XLS)

gambar diambil dari jarak sangat jauh, yang ditonjolkan bukan objek lagi tetapi latar belakangnya. Dengan demikian dapat diketahui posisi objek tersebut terhadap lingkungannya.
Over shoulder shot (OSS)
Pengambilan gambar dari belakang yang menjadi latar depan bahu lawan pemain.
One Shot (1S)
Pengambilan gambar satu objek.
Two Shot (2S)
pengambilan gambar dua orang.
Three Shot (3S)

pengambilan gambar tiga orang.
Group Shot (GS)
pengambilan gambar
sekelompok orang.

Gerakan Kamera
Gerakan kamera akan menghasilkan gambar yang berbeda. Oleh karenanya maka dibedakan dengan istilah-istilah sebagai berikut:

§  Zoom In/ Zoom Out : kamera bergerak menjauh dan mendekati objek dengan menggunakan tombol zooming yang ada di kamera.
§  Panning : gerakan kamera menoleh ke kiri dan ke kanan dari atas tripod.
§  Tilting : gerakan kamera ke atas dan ke bawah. Tilt Up jika kamera mendongak dan tilt down jika kamera mengangguk.
§  Dolly : kedudukan kamera di tripod dan di atas landasan rodanya. Dolly In jika bergerak maju dan Dolly Out jika bergerak menjauh.
§  Follow : gerakan kamera mengikuti objek yang bergerak.
§  Crane shot : gerakan kamera yang dipasang di atas roda crane.
§  Fading : pergantian gambar secara perlahan. Fade in jika gambar muncul dan fade out jika gambar menghilang serta cross fade jika gambar 1 dan 2 saling menggantikan secara bersamaan.
§  Framing : objek berada dalam framing Shot. Frame In jika memasuki bingkai dan frame out jika keluar bingkai.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Nona Alviena Published @ 2014 by Ipietoon