KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, Sang Pemilik dunia dan
seisinya, tiada Tuhan selain Allah dan hanya
kepada-Nya lah kita patut memohon dan berserah diri. Hanya karena nikmat
kesehatan dan kesempatan dari Allah-lah penyusun dapat melaksanakan semua
kegiatan KKN serta menyelesaikan laporan KKN ini. Shalawat selalu kita haturkan
kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW.
Tidak
terasa pelaksanaan KKN di gampong Meunasah Baro kecamatan Muara Batu kabupaten
Aceh Utara telah selesai. Banyak
hal yang bertambah selain pengalaman, ilmu, namun juga menambah saudara. Sikap
masyarakat yang sangat menghargai, membimbing dan sangat membantu dalam
kegiatan sangatlah
memotivasi kami untuk melaksanakan setiap program KKN dengan sebaik-baiknya. Sebagai
hasilnya, semua program KKN dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana.
Tak lupa pada kesempatan kali ini mengucapkan terimakasih
kepada berbagai pihak yang telah membantu menyelesaikan KKN ini. Ucapan
terima kasih saya sampaikan kepada :
- Allah
SWT yang telah memberikan kehidupan, keselamatan dan kesehatan baik
jasmani dan rohani.
- Kedua orang tua dan keluarga
kami yang tercinta. Terima kasih atas doa, semangat, motivasi, pemahaman,
pengertian, dukungan spiritual maupun materil, serta kasih sayang yang tak
terhingga.
- Bapak Dr. Herman Fithra
ST., M.T., IPM. selaku Rektor Universitas Malikussaleh yang telah memberi
kesempatan kepada kami untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran
Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM).
- Bapak
Yulius Dharma S.Ag., M.Si selaku ketua LPPM Universitas Malikussaleh.
- Bapak
Anwar Puteh SE,. M.E Selaku ketua panitia KKN-PPM Universitas
Malikussaleh.
- Ibu
Dwi Fitri S.Sos., MA. selaku Dosen Pembimbing Lapangan, terima kasih
banyak atas segala masukan, kritik dan saran yang Bapak berikan kepada
kami.
- Bapak
Rusdi selaku Kepala Desa,
terima kasih telah bersedia menerima kami di Desa ini.
- Masyarakat
gampong Meunasah Baro, terima kasih atas kerja sama dan bantuannya.
- Teman-teman KKN Kelompok
27 yang
telah melaksanakan kegiatan KKN PPM, terima kasih atas kerja samanya
selama kegiatan berlangsung.
- Semua pihak yang telah ikut membantu kesuksesan
kegiatan KKN PPM yang tidak mungkin disebutkan satu persatu.
Semoga segala amal kebaikan dan kerelaannya membantu
dalam proses belajar dimasyarakat serta berbagai macam kegiatan selama
pelaksanaan program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan
Masyarakat (PPM) mendapat Ridho dan
balasan dari Allah SWT.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari
sempurna. Oleh karena itu segala kritik dan saran dari pembaca dan masyarakat yang
sifatnya membangun, diterima dengan senang hati, demi kesempurnaan dan kemajuan
bersama. Penulis berharap semoga laporan ini berguna bagi pembaca pada umumya
dan masyarakat khususnya. Amin.
Lhokseumawe, 17 Mei 2019
Kelompok 27
KKN-PPM
Gampong
Meunasah Baro
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ...................................................................................... i
DAFTAR ISI.......................................................................................................
iii
DAFTAR TABEL .......................................................................................................iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Gambaran Umum Lokasi
KKN-PPM ............................................... 1
1.1.1 Kondisi
Gampong Meunasah Baro ..................................... 1
1.1.2 Sejarah
Gampong ................................................................ 2
1.1.3 Keadaan
Sosial Gampong Meunasah Baro ......................... 2
1.1.4 Pembagian
Wilayah Gampong ............................................ 4
1.2 Maksud Dan Tujuan Penulisan
Laporan ............................................ 5
1.3 Program Pembangunan Gampong
Yang Sudah Ada ......................... 6
1.4 Metode Dan Sistematika
Pembahasan ............................................... 7
BAB II BEBERAPA BIDANG PERMASALAHAN DESA
2.1 Pendidikan, Agama, Ekonomi, Dan
Sosial Budaya ........................... 8
2.2 Sarana Dan Prasarana Gampong ........................................................ 9
2.3 Produksi Gampong ............................................................................. 10
2.4 Kesehatan Dan Kebersihan
Lingkungan ............................................ 11
2.5 Administrasi Dan Pemerintah
Gampong ............................................ 11
BAB III REALISASI KEGIATAN MAHASISWA KKN-PPM
3.1 Kegiatan Mandiri Kelompok .............................................................. 12
3.2 Kegiatan Utama/Unggulan
Kelompok ............................................... 23
3.3 Kegiatan Penunjang ........................................................................... 24
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan ......................................................................................... 26
4.2 Saran ................................................................................................... 26
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 Jumlah
Penduduk ............................................................................. 2
Tabel 1.2 Tingkat
Pendidikan ........................................................................... 2
Tabel 1.3 Tingkat Kesejahteraan Masyarakat :
(Dalam KK/Jiwa) .................... 3
Table 1.4 Tingkat
Perekonomian Masyarakat Gampong .............................. 3
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Gambaran
Umum Lokasi KKN
1.1.1
Kondisi
Gampong Meunasah Baro
Kegiatan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan lapangan yang
memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah
masyarakat di luar kampus. Sekaligus sebagai proses pembelajaran serta mengabdi
kepada masyarakat yang sedang membangun dan secara langsung
mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh
masyarakat tersebut. Karena dengan belajar bersama-sama dengan masyarakat,
banyak hal baru yang akan ditemui mahasiswa. Masyarakat akan belajar dari
mahasiswa begitu juga sebaliknya mahasiswa akan banyak memperoleh pengetahuan
dari masyarakat.
Kuliah
Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni
pengabdian kepada masyarakat karena mahasiswa diberi kesempatan secara langsung
bersentuhan dengan masyarakat untuk mengaplikasikan segala bentuk pengetahuan
yang telah diperoleh di perguruan tinggi sekaligus Kuliah Kerja Nyata adalah
ruang pembelajaran yang baru bagi mahasiswa untuk pengembangan dirinya.
Lokasi
KKN-PPM KELOMPOK 27 ditempatkan di Gampong Meunasah Baro Kecamatan Muara Batu
Kabupaten Aceh Utara. Meunasah Baro merupakan salah satu Gampong dari 24
gampong yang terletak di Kecamatan Meunasah Baro Kabupaten Aceh Utara, yang
berjarak 3,3 km dari pusat kecamatan. Luas Wilayah Gampong Meunasah Baro adalah
± 104,5 Ha, yang terbagi kedalam dua Dusun yaitu Dusun Jurong Mee, dan Dusun
Jurong Pande dengan jumlah penduduk 1.416
jiwa dengan manyoritas penduduk gampong bermata pencaharian sebagai petani padi
sawah dan nelayan.
1.1.2
Sejarah
Gampong
Gampong
Meunasah Baro merupakan hasil pemekaran dari Gampong Meunasah Lhok, pemekaran
tersebut dilakukan pada tahun 1945. Pemekaran dilakukan disebabkan oleh luas
area gampong terlalu luas sehingga sulit untuk dijangkau oleh warga. Nama
Gampong Meunasah Baro berasal dari pembentukan aparatur gampong yang baru,
setelah terjadinya pemekaran dari meunasah lhok semua aparatur - aparatur
gampong berubah dan dipilih yang baru, sehingga terbentuklah gampong meunasah
baro. Digampong meunasah baro terdapat dua dusun yaitu dusun Jurong mee dan
dusun Jurong pande, asal usul nama dari dusun Jurong mee adalah karena dijalan
untuk menuju dusun Jurong mee terdapat pohon asam jawa (bak mee) dipinggir
jalan sehingga dijadikanlah Jurong tersebut Jurong Mee. Kemudian dusun satunya
dinamakan dusun pande karena pada dulunya ada seorang laki-laki yang pintar
membuat pisau.
1.1.3
Keadaan
Sosial Gampong Meunasah Baro
1.
Jumlah
Penduduk
Tabel
1.1 Jumlah penduduk
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
674
|
742
|
1.416
|
Sumber: Wawancara langsung dengan pak
geuchik Gampong Meunasah Baro dan
RPJM Gampong
2.
Tingkat
Pendidikan
Tabel
1.2 Tingkat pencdidikan
N0
|
Keterangan
Jumlah Tingkat Pendidikan
|
Banyak (jiwa)
|
1
|
Jumlah
penduduk buta huruf
|
4
|
2
|
Jumlah
penduduk tidak tamat SD/MIN
|
181
|
3
|
Jumlah
penduduk tamat SD/MIN
|
182
|
4
|
Jumlah
penduduk tamat SLTP/MTSN
|
92
|
5
|
Jumlah
penduduk tamat SMU/ MAN
|
48
|
6
|
Jumlah
penduduk tamat D-2
|
5
|
7
|
Jumlah
penduduk tamat D-3
|
5
|
8
|
Jumlah penduduk
tamat S-1
|
43
|
9
|
Jumlah
penduduk tamatS-2
|
1
|
Sumber:
Wawancara langsung dengan pak Geuchik Gampong Meunasah Baro dan
RPJM
gampong
3.
Tingkat
Kesejahteraan Masyarakat: (dalam KK/Jiwa).
Tabel 1.3
Tingkat kesejahteraan masyarakat : (dalam KK/Jiwa)
No
|
Keterangan
Kesejahteraan Keluarga
|
Banyak
|
Jiwa
|
1
|
Jumlah
keluarga sangat miskin (fakir)
|
48
|
219 jiwa
|
2
|
Jumlah
keluarga miskin
|
120
|
644 jiwa
|
Sumber:
Wawancara langsung dengan pak Geuchik Gampong Meunasah Baro dan
RPJM
4.
Tingkat
Perekonomian Masyarakat
Tabel 1.4
Tingkat Perekonomian masyarakat Gampong
Petani
|
PNS
|
Pedagang
|
Nelayan
|
55 %
|
2 %
|
3 %
|
40 %
|
Sumber:
Wawancara langsung dengan Geuchik Gampong Meunasah Baro dan
RPJM
Gampong
1.1.4
Pembagian
Wilayah Gampong
Gampong
Meunasah Baro merupakan Gampong yang
terletak di tengah-tengah pusat Kecamatan Muara Batu, adapun batas-batas
Gampong Meunasah Baro adalah
sebagai berikut :
-
Utara : Dengan Selat Malaka
-
Selatan :
Dengan Gampong Tumpok Beurandang
-
Timur :
Dengan Gampong Meunasah Drang
-
Barat :
Dengan Gampong Meunasah Lhok
Jumlah
dusun yang ada di Gampong Meunasah terdiri atas 2 (dua) dusun yaitu :
-
Dusun I (Satu) Jurong Mee
-
Dusun II (Dua) Jurong Pande
Kondisi
fisik dasar Gampong dari Gampong Meunasah Baro
dapat kita lihat dari segi pemanfaatan lahan, Gampong Meunasah Baro dengan luasnya + 105 Ha, dalam pemanfaatan
lahan dikelompokkan ke dalam 8 (delapan) bagian yaitu :
-
Perumahan / pemukiman : 34 Ha
-
Tanah Perkebunan :
- Ha
-
Persawahan : 70 Ha
-
Tanah Kuburan :
1 Ha
Bentuk permukaan jalan utama antar
Gampong yang melalui Gampong Meunasah Baro
sudah cukup bagus dengan sudah teraspal.
1.2
Maksud
dan Tujuan Laporan
Pelaksanaan
KKN-PPM bertujuan untuk persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kemakmuran
gampong serta memberdayakan masyarakat dan membantu pemerintah dalam memecahkan
berbagai persoalan yang kompleks yang salah satunya adalah menanamkan nilai
kepribadian seperti nilai-nilai keislaman dan nilai-nilai kemasyarakatan, etos
kerja, tanggung jawab, kemandirian, kepemimpinan, dan kewirausahaaan dalam
bermasyarakat. Seperti yang telah disesuaikan dalam Undang-undang desa No.6
tahun 2014 Tentang Desa.
Tujuan
penulisan laporan KKN-PPM ini adalah sebagai berikut:
1. Merupakan
mata kuliah intrakurikuler wajib di Universitas Malikussaleh untuk jenjang S-1
dengan penilaian secara akademis yang memiliki bobot 3 sks.
2. Program-program
kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan daya dukung sumber daya yang tersedia
di lapangan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat, baik dalam jangka pendek
maupun jangka panjang.
3. Mengembangkan
tema-tema KKN-PPM dengan konsep co-creation (gagasan bersama), co-financing
(pendanaan bersama) dan flexibility (keluwesan)dan mengembangkan tema-tema
KKN-PPM yang bermitra dengan pemerintah dan dunia usaha.
4. Memperdalam
pengertian, penghayatan, dan pengalaman mahasiswa tentang:
a. Cara
berfikir dan bekerja interdisipliner dan lintas sektoral.
b. Kegunaan
hasil pendidikan dan penelitian bagi pembangunan pada umumnya dan pembangunan daerah pedesaan
pada khususnya.
c. Kesulitan
yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhan konteks masalah
pembangunan pengembangan daerah.
5. Mendewasakan
alam pikiran mahasiswa dalam setiap penelaahan dan pemecahan masalah yang ada di masyarakat
secara pragmatis ilmiah.
6. Membentuk
sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap
kemajuan masyarakat.
7. Meningkatkan
kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak agar sesuai dengan program
pembangunan.
8. Memperoleh
pembaharuan-pembaharuan yang diperlukan dalam pembangunan didaerah.
9. Membentuk
kader-kader pembangunan di masyarakat sehingga terjamin kesinambungan
pembangunan.
10. Bagi
Perguruan tinggi yaitu lebih terarah dalam mengembangkan ilmu dan
pengetahuan kepada mahasiswa, dengan adanya umpan balik sebagai hasil integrasi
mahasiswa dengan masyarakat. Dengan demikian, kurikulum perguruan tinggi akan
dapat disesuaikan dengan tuntutan pembangunan. Tenaga pengajar memperoleh
berbagai kasus yang dapat digunakan sebagai contoh dalam proses pendidikan.
1.3
Program
Pembangungan Gampong Yang Telah Ada
Program
pembangunan yang telah disusun oleh perangkat desa yaitu perencanaan jangka
menengah. Rencana Pembangunan jangka menengah Gampong (RPJMG) dan Rencana Kerja
Pembangunan Gampong (RKPG) Gampong Meunasah Baro. Disusun dalam rangka
penentuan arah kebijakan pembangunan jangka menengah Gampong yang didasarkan
kepada jaringan aspirasi masyarakat dan dirumuskan melalui musyawarah perumusan
pembangunan (MUSRENBANG) Gampong. RPJMG Meunasah Baro, Kecamatan Muara Batu
Kabupaten Aceh Utara merupakan dokumen perumusan pembangunan yang dihasilkan
oleh aparatur Gampong yang terdiri dari
geuchik beserta perangkat Gampong yang dibantu oleh tim perumusan Gampong yang
telah di SK kan oleh Geuchik serta para tokoh masyarakat dan di awasi oleh BPK
Gampong Meunasah Baro.
1.4
Metode
dan Sistematika Pembahasan
Metode
dan sistematika pembahasan penyusunan laporan KKN-PPM ini adalah berupa:
1. Sistematika
pembahasan
2. Format
kulit luar laporan KKN-PPM untuk reguler berwarna hijau tua sedangkan untuk
non-reguler berwarna merah bata. Halaman sampul (Lampiran 1),
3. Halaman
pengesahan (Lampiran 2),
4. Daftar
isi,
5. Daftar
lampiran.
6. BAB
I. PENDAHULUAN
7. BAB
II. BEBERAPA BIDANG PERMASALAHAN GAMPONG LOKASI KKN-PPM KELOMPOK 27.
8. BAB
III. REALISASI KEGIATAN MAHASISWA KKN
9. BAB
IV PENUTUP
BAB II
BEBERAPA BIDANG
PERMASALAHAN DESA
2.1
Pendidikan,
Agama, Ekonomi Dan Sosial Bidaya
2.1.1
Bidang
Pendidikan
Kemajuan
sebuah desa salah satunya dapat diukur dari bidang pendidikan yang tersedia
dalam desa tersebut, karena pendidikan merupakan kegiatan yang dilakukan
seseorang untuk mewujudkan usaha pembelajaran yang diberikan kepada peserta
didik secara aktif yang berguna untuk mengembangkan potensi dirinya baik itu
dari segi agama, budaya, sosial, maupun kerpribadian yang dapat diperoleh
secara formal maupun non formal. Dalam bidang pendidikan, Gampong Meunasah Baro
memiliki tingkat pendidikan yang cukup memadai, dimana pada desa tersebut hanya
terdapat sekolah PAUD untuk anak berumur dibawah 5 tahun, sedangkan pendidikan
Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas
(SMA) tidak tersedia di Gampong Meunasah Baro, akan tetapi tersedia di gampong
lain, seperti tingkat pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di
Gampong Meunasah Lhok, yaitu gampong yang bertetangga dengan Gampong Meunasah
Baro. Keterbatasan tersebut tidak membuat anak-anak di Gampong Meunasah Baro
putus sekolah, mereka tetap bersekolah digampong yang lain, walaupun ditempuh
dengan jarak yang tidak dekat.
2.1.2
Bidang
Agama
Masyarakat
Gampong Meunasah Baro secara keseluruhan beragama Islam. Hal ini dapat
dibuktikan dari data penduduk dan juga dari banyaknya balai pengajian atau
pesantren tradisional. Jadwal pengajian yang diadakan dihadiri oleh anak-anak,
para pemuda maupun orang dewasa. Jadwal pengajian rutin yang diadakan yaitu
pada hari Rabu dan Minggu pada pengajian ibu-ibu, pada malam Jumat-Minggu pada
pengajian laki-laki, dan Sabtu-Kamis pada pengajian anak-anak di berbagai balai
pengajian. Dari pengajian tersebut dapat dilihat tingkat keagamaan yang bagus
di Gampong Meunasah Baro tersebut.
2.1.3
Bidang
Ekonomi
Perekonomian
di Gampong Meunasah Baro di mayoritaskan dengan petani dan nelayan, sektor
usaha ekonomi di Gampong tersebut diantaranya: laut, sawah, dan perdagangan.
Sedangkan masyarakat yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun para
pekerja negara lainnya sangat minim. Dari hasil usaha masyarakat tersebut,
dapat dilihat bahwa masih rendahnya tingkat pendapatan gampong tersebut, dimana
masih banyak terdapat masyarakat yang pengangguran atau pekerja dengan upah
yang minim.
2.1.4
Bidang
Sosial dan Budaya
Gampong
Meunasah Baro merupakan desa yang cukup kental dengan kebudayaan Aceh, seperti
dalam acara keagamaan, pernikahan, dan di acara-acara lainnya. Masalah sosial
dan kebudayaan yang terlihat adalah kurangnya sosialisasi masyarakat dengan
para pendatang. Selain itu, masih adanya kebiasaan membuang sampah sembarangan
yang membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat, dari fenomena tersebut
dapat dilihat bahwa kurangnya kedisiplinan akan kebersihan masyarakat di
gampong tersebut.
2.2
Sarana
Dan Prasarana
Sarana
dan prasarana sangat dibutuhkan dalam menunjang berbagai kegiatan pembangunan
gampong. Tanpa adanya sarana dan prasarana akan sulit untuk mensukseskan
kegiatan yang pada akhirnya gampong memiliki tingkat pembangunan yang rendah.
Adapun sarana dan prasarana di Gampong Meunasah Baro adalah sebagai berikut:
1. Sarana
a. Irigasi
b. Saluran/got
c. Sumber
air yang memadai
2. Prasarana
pendidikan non formal
a. Balai
pengajian/pesantran tradisional
3. Prasarana
perhubungan darat berupa:
a. Jalan
aspal
b. Jalan
beton
4. Prasarana
kesehatan
a. Posyandu/klinik
desa
b. Bidan
desa
5. Prasarana
komunikasi
a. Telepon
seluler
Adapun
sarana yang ada di Gampong Meunasah Baro yang saat ini masih berjalan yaitu
sebagai berikut:
1. Sarana
pembelanjaan
a. Kios
atau warung
2. Sarana
pertanian
a. Traktor
pembajak sawah
3. Sarana
ibadah
a. Mesjid
b. Meunasah
4. Sarana
transportasi darat
a. Mobil
b. Sepeda
c. Sepeda
motor
d. Becak
2.3
Produksi
Gampong
Sebagai
Produksi utama di Gampong Meunasah Baro pada saat ini sebagian besar adalah di
bidang pertanian dan perikanan. Sistem pertanian khusus digampong ini yaitu
sawah dan dialiri dengan irigasi di gampong, sedangkan dibidang perikanan hasil
dari kelautan.
2.4
Kesehatan
Dan Kebersihan Lingkungan
Kondisi
kesehatan masyarakat Gampong Meunasah Baro secara umum baik, karena warga cukup
rajin membersihkan tempat tinggal dan sudah memiliki kesadaran diri mengenai
gejala awal penyakit. Di Gampong Meunasah Baro sudah dilengkapi Polindes tetapi
memang keadaannya berada dibawah tingkat kelayakan, namun masyarakat Gampong
tersebut tetap mendapatkan pelayanan yang baik sebab letak Polindes di
tengah-tengan Gampong Meunasah Baro. Dan juga beberapa dari warga Gampong
tersebut berprofesi sebagai bidan dan perawat sehingga dapat membantu pelayanan
Gampong tersebut.
2.5
Administrasi
Dan Pemerintahan Gampong Meunasah
Baro
Gampong Meunasah Baro sudah memiliki
kantor Geusyik, sehingga dalam pertemuan-pertemuan penting masyarakat sangat
mudah di adakan di kantor Geusyik, dan pasilitas pendukung urusan-urusan
pemerintah dan kependudukan seperti komputer, printer dan wifi sehingga urusan
administrasi gampong Meunasah Baro berjalan secara maksimal. Aktivitas
pemerintahannya berjalan dengan lancar di mana Geusyik dibantu oleh seorang Sekretaris Desa, Bendahara, Kaur (Kepala
Urusan), Tuha peut. Di gampong Meunasah Baro terdapat dua kepala dusun,
masyarakat gampong Meunasah Baro ikut serta dalam penyusunan perancangan
pembangunan di tingkat gampong setiap
pengambilan keputusan masih menggunakan musyawarah dan mufakat.
BAB III
REALISASI KEGIATAN
MAHASISWA KKN-PPM
3.1
Kegiatan
Mandiri Kelompok
Kegiatan
mandiri yang diterapkan pada pelaksanaan KKN-PPM lebih mengarah kearah wawasan
dan pengalaman mahasiswa dalam melakukan Program sesuai dengan bidang keahlian
masing-masing atau keterampilan khusus yang dimiliki anggota KKN dalam
kelompok. Kegiatan mandiri yang
dilaksanakan oleh peserta KKN-PPM kelompok 27 adalah sebagai berikut:
1.
Bidang
Program : Mengasah Kepercayaan Diri
Anak
● Anggota Program
-
Nama : Annisa Riznanda
NIM : 150710043
Fak/Prodi : FKIP/Pendidikan
Matematika
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
● Lokasi dan Waktu
Pelaksanaan Program
Lokasi
pelaksanaan Program ini di PAUD/TK SBB YULIZA yang beralamat di Gampong
Meunasah Baro, Kec. Aceh Utara. Waktu pelaksanaan Program pada hari selasa, 9
April 2019.
● Maksud, tujuan, dan
sasaran yang ingin dicapai
Program
mengasah kepercayaan diri anak ini dilakukan dengan maksud untuk melatih
kepercayaan diri sianak dalam pembentukan karakter (character) yang mengacu pada rangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviours),
motivasi (motivations) dalam program
pelaksanaan belajar dan mengajar di sekolah maupun di lingkungan sekitar.
Kelompok sasaran yang dituju disini merupakan seluruh siswa di PAUD/SBB YULIZA
yang berjumlah 23 siswa.
● Hasil Program Kegiatan
Hasil
yang didapat dari program ini yaitu seluruh siswa berani untuk tampil dan
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh para anggota kelompok akibat
adanya sosialisasi peningkatan kepercayaan diri dari siswa tersebut.
● Hambatan dan Tantangan
dalam Pelaksanaan Program
Hambatan
dalam pelaksanaan program ini yaitu sebagian besar siswa di sekolah tersebut
kurang memahami bahasa Indonesia dengan baik, hal itu yang membuat sulitnya
untuk berinteraksi lebih antara anggota kelompok dan juga siswa-siswi yang ada
di PAUD/TK SBB YULIZA tersebut.
2.
Bidang
Program : Pengembangan Holtikultura
di Pekarangan Meunasah
● Anggota Program
-
Nama : Muhammad Ebie Zeliansyah
NIM : 150310122
Fak/Prodi :
Pertanian/Agroekoteknologi
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
-
Nama : Melda Lolita
NIM :150320007
Fak/Prodi : Pertanian/Agri
Bisnis
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
● Lokasi dan Waktu
Pelaksanaan Program
Lokasi
pelaksanaan Program ini dilaksanakan di pekarangan Meunasah yang beralamat di
Gampong Meunasah Baro, Kec. Aceh Utara. Waktu pelaksanaan Program pada hari
selasa, 9 April 2019.
● Maksud, tujuan, dan
sasaran yang ingin dicapai
Program
pengembangan holtikultura ini bertujuan untuk meningkatkan produksi,
produktivitas dan mutu hasil pertanian
beserta mengembangkan keanekaragaman usaha pertanian dan kelestarian
fungsi dan manfaat lahan. Kelompok sasaran yang dituju dalam program ini yaitu
seluruh warga Gampong Meunasah Baro. Jumlah peserta kegiatan dalam program ini
yaitu 19 orang.
● Hasil Program Kegiatan
Hasil
yang didapat dari program ini yaitu para warga dapat memanfaatkan lahan kosong
yang ada di pekarangan sekitaran rumah masing-masing warga, dan juga masyarakat
gampong Meunasah Baro membudayakan untuk mengkonsumsi sayuran tanpa bahan-bahan
kimia.
● Hambatan dan Tantangan
dalam Pelaksanaan Program
Dalam
pelaksanaan kegiatan pengembangan tanaman holtikultura terdapat kendala antara
lain yaitu tanah yang ada di pekarangan Meunasah Baro berpasir, hal itu yang
membuat sebagian besar bibit tanaman tidak tumbuh.
3.
Bidang
Program : Pembuatan Sabun Cuci
Piring dan Sabun Cuci Baju
● Anggota Program
-
Nama : Dwi Utari
NIM : 150130049
Fak/Prodi : Teknik/Teknik
Industri
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
-
Nama : Nur Syafikah
NIM :150140017
Fak/Prodi : Teknik/Teknik
Kimia
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
● Lokasi dan Waktu
Pelaksanaan Program
Lokasi
pelaksanaan Program ini dilaksanakan di pekarangan Meunasah yang beralamat di
Gampong Meunasah Baro, Kec. Aceh Utara. Waktu pelaksanaan Program pada hari
selasa, 23 April 2019 dan Kamis, 25 April 2019.
● Maksud, tujuan, dan
sasaran yang ingin dicapai
Program
dari pembuatan sabun cuci piring dan sabun cuci baju ini adalah untuk
pengembangan kreativitas ibu-ibu PKK Gampong Meunasah Baro. Kemudian kegiatan
ini juga melatih untuk ibu-ibu PKK maupun warga sekitar untuk melatih
pengetahuan akan cara pembuatan sabun yang nantinya bisa juga dijadikan sumber
kerajinan atau usaha dari ibu-ibu atau warga gampong tersebut. Dalam kegiatan
ini sasaran yang ingin dituju yaitu ibu-ibu PKK, maupun seluruh masyarakat
gampong.
● Hasil Program Kegiatan
Hasil
yang didapat dari program ini yaitu ibu-ibu PKK beserta warga sekitar dapat
mengetahui bagaimana cara pembuatan sabun secara alami.
● Hambatan dan Tantangan
dalam Pelaksanaan Program
Dalam
pelaksanaan kegiatan ini terdapat salah satu hambatan yaitu kurangnya antusias
warga sekitar dalam mengikuti program pembuatan sabun ini.
4.
Bidang
Program : Pembuatan Maket Gampong
● Anggota Program
-
Nama : Edi Liu Manurung
NIM : 150160076
Fak/Prodi : Teknik/Teknik
Industri
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
● Lokasi dan Waktu
Pelaksanaan Program
Lokasi
pelaksanaan Program ini dilaksanakan di kantor Geuchik Gampong Meunasah Baro,
Kab. Aceh Utara. Waktu pelaksanaan Program pada senin, 29 April 2019.
● Maksud, tujuan, dan
sasaran yang ingin dicapai
Maket
gampong merupakan wujud representasi 3D yang mendiskripsikan sebuah gampong
dengan sebenarnya dengan skala dan batasan-batasannya. Kegiatan pembuatan maket
gampong ini bermaksud untuk membantu gampong Meunasah Baro dalam melengkapi
administrasi gampong serta menjadikan
maket sebagai kebanggaan warga terhadap gampong yang ia tempati.
Selain itu, tujuan dari maket itu sendiri adalah merepresentasikan gampong dengan sebenarnya dengan wujud skala yang
lebih kecil, batasan gampong, serta kawasan kawasan yang dimiliki oleh gampong tersebut.
● Hasil Program Kegiatan
Program
pembuatan maket yang dibantu oleh teman-teman KKN menciptakan tata letak
gampong Meunasah baro dalam bentuk minuatur di atas papan berskala. Maket yang
sudah siap diserahkan kepada gampong sebagai sebuah bentuk apreasiasi mahasiswa
KKN untuk gampong dan kemudian diletakkan di kantor keuchik Meunasah Baro.
● Hambatan dan Tantangan
dalam Pelaksanaan Program
Kurangnya informasi terhadap batasan
gampong, dan kurang
memahami dalam melihat citra google earth dalam melihat gampong dan batasannya.
Selain itu waktu yang tidak banyak menjadikan pembuatan maket
teburu-buru dalam penyelesaiannya.
5.
Bidang
Program : Sosialisasi Menabung
● Anggota Program
-
Nama : Annisa Riznanda
NIM : 150710043
Fak/Prodi : FKIP/Pendidikan Matematika
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
-
Nama : Kamarudzaman
NIM : 150420020
Fak/Prodi : Ekonomi dan
Bisnis/Akuntansi
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
-
Nama : Masriyati
NIM :150730041
Fak/Prodi : FKIP/Pendidikan
Fisika
Kel/Lokasi : 27/Gampong
Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
-
Nama : Miki Juanda
NIM : 150750021
Fak/Prodi : FKIP/Pendidikan
Teknik Mesin
Kel/Lokasi : 27/Gampong
Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
● Lokasi dan Waktu
Pelaksanaan Program
Lokasi
pelaksanaan Program ini di PAUD/TK SBB YULIZA yang beralamat di Gampong
Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara. Waktu pelaksanaan Program pada hari selasa, 23
April 2019.
● Maksud, tujuan, dan
sasaran yang ingin dicapai
Kegiatan
sosialisasi menabung dilakukan dengan maksud untuk membuat anak-anak
termotivasi menyisihkan uang jajannya untuk ditabung dan tentunya untuk
mengajarkan anak-anak pentingnya menabung sejak dini untuk investasi masa
depan. Kelompok sasaran yang dituju disini merupakan seluruh siswa di PAUD/TK
SBB YULIZA yang berjumlah 23 siswa.
● Hasil Program Kegiatan
Hasil
dari sosialisasi yang diadakan ini adalah, anak-anak gampong Meunasah Baro jadi
lebih giat untuk menyisihkan uang jajannya, mereka termotivasi ingin membeli
sesuatu dari hasil uang atau tabungan yang mereka kumpulkan.
● Hambatan dan Tantangan
dalam Pelaksanaan Program
Hambatan
dalam pelaksanaan program ini yaitu sebagian besar siswa di sekolah tersebut
kurang memahami bahasa Indonesia dengan baik, selain itu siswa-siswi sekolah
tersebut masih kurang memahami makna menabung sepenuhnya.
6.
Bidang
Program : Sosialisasi Minat Bakan
dan Tes Psikologi Minat Bakat
● Anggota Program
-
Nama : Ratih Kumala Intan
NIM : 150620066
Fak/Prodi :
Kedokteran/Psikologi
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
● Lokasi dan Waktu
Pelaksanaan Program
Program
ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muara Batu, Kec. Muara Batu, Kab. Aceh Utara.
Program ini dilaksanakan pada hari sabtu, 27 April 2019.
● Maksud, tujuan, dan
sasaran yang ingin dicapai
Tujuan
program ini agar siswa mengenali minat dan bakat yang ada pada dirinya,
sehingga siswa tersebut dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki kemudian
diharapkan siswa tersebut tidak salah dalam memilih jurusan ketika memasuki
dunia perkuliahan. Sasaran dalam program ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1
Muara Batu.
● Hasil Program Kegiatan
Hasil
dari program kegiatan ini yaitu siswa masih banyak yang belum mengetahui minat
dan bakatnya sendiri. Dengan adanya program ini siswa yang mengikuti tes
tersebut sudah dapat mengetahui minat dan bakatnya sesuai dengan hasil tes yang
diperoleh.
● Hambatan dan Tantangan
dalam Pelaksanaan Program
Dalam
pelaksanaan program ini terdapat hambatan yaitu masih ada beberapa siswa yang
tidsk bersungguh-sungguh mengikuti tes, sehingga tester merasa sedikit
kesulitan untuk menyimpulkan hasil tes tersebut.
7.
Bidang
Program : Pemasangan Pamplet 18
Perkara yang dapat diselesaikan ditingkat Gampong
● Anggota Program
-
Nama : Rizal Bakri
NIM : 150510257
Fak/Prodi : Hukum/Ilmu Hukum
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
-
Nama : Nur Azizah
NIM : 150510168
Fak/Prodi : Hukum/Ilmu Hukum
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
● Lokasi dan Waktu
Pelaksanaan Program
Program
ini dilakukan di Kantor Geuchik Gampong Meunasah Baro, Kec. Muara Batu, Kab.
Meunasah Baro. Pemasangan pamplet ini dilakukan pada hari senin, 29 April 2019.
● Maksud, tujuan, dan
sasaran yang ingin dicapai
Maksud
dan tujuan dari pemasangan pamplet ini agar masyarakat memahami, serta
mengetahui perkara apa saja yang dapat diselesaikan tingkat gampong. Sasaran
pemasangan pamplet ini khususnya untuk seluruh masyarakat Gampong Meunasah
Baro.
● Hasil Program Kegiatan
Hasil
dari program ini yaitu setelah pemasangan pamplet tersebut masyarakat telah
mendapat pemahaman serta pengetahuan dibidang hukum dan tata cara peradilan
ditingkat gampong.
● Hambatan dan Tantangan
dalam Pelaksanaan Program
Hambatan
pemasangan pamplet ini yaitu masyarakat belum sepenuhnya memahami alur untuk
menyelesaikan dan masih takut untuk menyelesaikan ditingkat gampong dan lebih
memilih jalur hukum di kantor polisi.
8.
Bidang
Program : Pelatihan Publik Speaking
dan Perlombaan
● Anggota Program
- Nama : Maria Ulfa
NIM : 150240047
Fak/Prodi : ISIP/Ilmu
Komunikasi
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
● Lokasi dan Waktu
Pelaksanaan Program
Program
ini dilakukan disalah satu Balai Pengajian yang ada di Gampong Meunasah Baro,
kec. Muara Batu, kab, Aceh Utara. Program ini dilaksanakan pada tanggal 23
April dan selasa 30 April s/d 1 Mei 2019.
● Maksud, tujuan, dan
sasaran yang ingin dicapai
Publik
Speaking adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan, seperti pidato,
ceramah, peresentasi ataupun jenis berbicara yang dilakukan di depan khalayak
ramai. Kemampuan publik speaking harus dimiliki oleh setiap orang, terutama
seseorang yang sering berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan
publik speaking yang dilakukan bertujuan untuk melatih kemampuan berbicara di
depan umum serta meningkatkan minat anak-anak gampong Meunasah Baro untuk lebih
terampil di depan umum.
Dalam
pelaksanaan kegiatan publik speaking terdapat dua kegiatan, yaitu pelatihan dan
perlombaan. Pada kegiatan pelatihan, anak-anak gampong Meunasah Baro diajarkan
teknik berbicara di depan umum dan cara mengatasi rasa gugup ketika berada di
depan khalayak ramai. Setelah dilakukan kegiatan pelatihan, dilakukan
perlombaan yang diikuti oleh anak-anak gampong Meunasah Baro
● Hasil Program Kegiatan
Anak-anak
gampong Meunasah Baro menyambut dengan antusias perlombaan publik speaking yang
diadakan, bahkan sampai pada malam pembagian hadiah. Terlihat dari jumlah yang
mengikuti perlombaan dari empat kategori, yaitu perlombaan pidato, hafalan ayat
pendek, hafalan sholat dan perlombaan
Adzan. Kegiatan perlombaan berlangsung dengan anak-anak Gampong Meunasah Baro
tampil percaya diri dan lebih berani berbicara di depan khalayak ramai.
● Hambatan dan Tantangan
dalam Pelaksanaan Program
Perasaan
malu dan gugup yang sangat besar dimiliki anak-anak di gampong Meunasah Baro
menjadi alasan mereka tidak ingin mengikuti perlombaan. Tetapi setelah diberi
motivasi dan praktik yang memadai anak-anak tersebut ikut berpartisipasi
bersama teman-teman yang lainnya. Selain itu, penguasaan materi yang kurang
membuat penampilan mereka menjadi kurang maksimal.
9.
Bidang
Program : Pembuatan Website Gampong
Meunasah Baro
● Anggota
Program
-
Nama : Fajar Amri
NIM : 150180056
Fak/Prodi : Teknik/Sistem
Informasi
Kel/Lokasi : 27/Gampong Meunasah Baro, Kab. Aceh Utara
●
Lokasi
dan Waktu Pelaksanaan Program
Lokasi
pelaksanaan Program ini dilaksanakan di kantor Geuchik Gampong Meunasah Baro,
Kab. Aceh Utara. Waktu pelaksanaan Program dimulai pada hari selasa, 30 April
2018 s/d selesai.
●
Maksud,
tujuan, dan sasaran yang ingin dicapai
Mengenal gampong Meunasah Baro melalui fasilitas internet saat ini yang lebih mudah untuk diakses. Diharapkan dengan adanya website
gampong
ini,
masyarakat luas dapat lebih mudah untuk mengetahui dan mengenal lebih dalam tentang profil maupun sejarah gampong. Website ini
juga bertujuan untuk memberikan informasi maupun pengumuman penting yang ada pada
Gampong Meunasah Baro. Masyarakat Gampong Meunasah Baro maupun masyarakat luas yaitu tidak hanya masyarakat Gampong Meunasah Baro itu sendiri.
●
Hasil
Program Kegiatan
Memudahkan gampong dalam memberikan informasi dan juga
memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi seputar gampong
●
Hambatan
dan Tantangan dalam Pelaksanaan Program
Memudahkan gampong dalam memberikan informasi dan juga
memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi seputar gampong.
3.2
Kegiatan
Utama/Unggulan Kelompok
Kegiatan
utama/unggulan kelompok dilaksanakan dengan tujuan untuk menyeimbangkan kerja
sama antara mahasiswa, masyarakat atau keadaan desa, dan juga dengan program
yang telah direncanakan. Kegiatan kelompok yang telah diprogramkan ada beberapa
kegiatan, antara lain:
1.
Kegiatan
Mengajar dan Bermain di Pelangi Peduli 27 Meunasah Baro
Pelangi peduli
menjadi salah satu program utama kelompok 27. Pelangi peduli ini diadakan untuk
mengisi waktu luang anak-anak di gampong Meunasah Baro dengan berbagai
kegiatan.
a. Pelangi
peduli ini mencakup beberapa kegiatan, antara lain: belajar bersama,
pengaplikasian komputer, belajar berbahasa inggris, dan juga bermain bersama.
b. Dalam
kegiatan yang diadak pelangi peduli ini para orang tua di gampong Meunasah Baro
sangat mendukung program ini.
c. Hasil
yang ingin dicapai dari program iniyaitu agar anak-anak dapat lebih termotivasi
dalam belajarnya, kemudian anak-anak dapat lebih bersosialisasi dengan
orang-orang sekitaran lingkungannya.
d. Program
ini diadakan tiga hari sekali, yaitu pada hari senin, selasa, dan rabu.
e. Hasil
yang dicapai, anak-anak sangat antusias untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam
program pelangi peduli ini.
2.
Sensus
penduduk Gampong Meunasah Baro
Kegiatan
ini dilakukan untuk menyediakan data administrasi dan mencatat perubahan
data-data untuk seluruh masyarakat gampong meunasah Baro. Kemudian, kegiatan
ini juga dilakukan untuk memperkirakan parameter kependudukan dan menyusun
kerangka induk pembangunan terkait potensi dari masyarakat ataupun dari gampong
Meunasah Baro itu sendiri.
3.
Pembuatan
beberapa jenis makanan yang berasal dari Bonggol Pisang
Pembuatan
beberapa jenis makanan ini dilakukan untuk membangun potensi bahan makanan yang
ada di gampong tersebut. Kegiatan ini dilakukan setelah satu minggu berlalu di
gampong tersebut. Ide kegiatan ini muncul beriringan dengan dilakukannya sensus
penduduk. Mahasiswa yang melakukan sensus penduduk di gampong tersebut melihat
banyaknya pohon pisang di daerah tersebut kemudian mencetuskan untuk membuat
berbagai jenis makanan yang berasal dari bonggol pisang, dikarenakan tidak
sedikit orang hanya mengambil buah pisang saja, selebihnya mereka tidak
manfaatkan.
Maka
dari itu kegiatan ini dicetuskan sekaligus untuk membangun potensi bahan baku
yang ada. Jenis makanan yang dihasilkan dari bonggol pisang tersebut antara
lain, krupuk bonggol pisang, nugget bonggol pisang, dan juga abon bonggol
pisang. Kegiatan ini juga dilakukan untuk membangun kegiatan ibu-ibu PKK yang
ada di gampong Meunasah baro.
4.
Pembuatan
Profil Desa
Profil
desa merupakan himpunan informasi dan data kondisi nyata dan menyeluruh tentang
kependudukan, kelembagaan dan pemerintahan desa, yang meliputi data potensi,
dan tingkat perkembangan dari desa itu sendiri. Kegiatan ini dilakukan
bertujuan untuk menyediakan data dan informasi primer yang relevan, valid serta
komprehensip sebagai rujukan dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta
pemberdayaan masyarakat gampong Meunasah Baro.
3.3
Kegiatan
Penunjang
Kegiatan
penunjang adalah kegiatan yang bersifat kemasyarakatan, dimana
kegiatan ini dilakukan untuk menunjang kegiatan-kegiatan lainnya. Kegiatan ini
juga dilakukan untuk membantu kegiatan-kegiatan yang ada di gampong tersebut.
- Gotong Royong
Kegiatan
gotong royong ini dilakukan untuk membantu masyarakat dan aparatur desa untuk
membersihkan gampong, mulai dari membersihkan pekarangan meunasah, membersihkan
kantor geuchik, dan juga ruas jalan di gampong Meunasah Baro.
2.
Pengajian
Rutin
Pengajian
rutin yang dilakukan o;eh masyarakat menjadi salah satu tempat bersilaturrahmi
dan menambah pengetahuan ilmu tentang agama. Pengajian di gampong Meunasah Baro
dibagi menjadi pengajian bapak-bapak dan juga pengajian ibu-ibu. Pengajian
bapak-bapak diadakan pada hari jumat selepas sholat maghrib, sedangkan
pengajian ibu-ibu diadakan tiga kali dalam satu minggu yaitu pada hari rabu,
jumat, dan minggu.
3.
Mengajar
Ngaji di Balai Pengajian
Salah
satu kegiatan yang ada dalam program penunjang kami yaitu mengajar ngaji di
balai pengajian yang ada di Gampong Meunasah Baro. Di Gampong tersebut memiliki
dua balai pengajian, yaitu balai pengajian Sirajul Mustaqim dan juga balai
pengajian Darul Muta’alimin kegiatan mengajar ngaji ini dilakukan tiga hari
dalam satu minggu, yaitu pada hari sabtu, minggu dan senin setelah sholat
maghrib.
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Dengan
rampungnya semua program kerja mahasiswa Kuliah
Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarkat (KKN-PPM)
kelompok 27 gampong Meunasah Baro Kec.
Muara Batu Kab. Aceh Utara maka, penjabaran Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada
masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Dalam pelaksanaan KKN-PPM ini kami dapat
mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan di bangku kuliah dalam bentuk pengabdian
kepada masyarakat di gampong Meunasah Baro.
Selain
itu, KKN mendidik mahasiswa untuk meningkatkan kepedulian dan menjaga kerjasama
supaya program kerja dapat terwujud sesuai yang sudah direncanakan. Dari hal
tersebut maka mahasiswa dapat meningkatkan wawasan serta pengalaman bahwa
keberhasialan suatu pelaksanaan program kerja sangat ditentukan dan dipengaruhi
oleh kerjasama yang baik antara sesama anggota kelompok, dosen pemimbing,
maupun masyarakat setempat.
4.2
Saran
Untuk dapat melaksanakan program dengan baik sesuai
dengan target dan tujuan seperti yang ditetapkan sebelumnya, maka ada hal-hal
yang perlu dilakukan dan diperhatikan, yaitu:
1. Panitia/LPPM
1) Kepada
Panitia/LPPM untuk lebih meninjau
lokasi/gampoeng yang cocok untuk dijalankannya kegiatan KKN (lokasi atau
gampoeng yang masih tertinggal).
2) Waktu yang relatif
singkat menjadikan ruang gerak kami menjadi kurang luas. Oleh karenanya hal ini
bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam penentuan lamanya waktu KKN pada
angkatan selanjutnya.
2. DPL(DosenPembimbingLapangan)
1)
Untuk DPL kami
berharap agar dapat menghadiri setiap pelaksanaan kegiatan penting (seperti
perkenalan dan perpisahan) yang diadakan di lokasi KKN-PPM.
2)
Serta DPL untuk
lebih sering lagi datang keposko, minimal 2 atau 3 kali dalam satu minggu.
3. Masyarakat
1) Kami berharap
program yang telah kami laksanakan dapat dilanjutkan dan dimanfaatkan oleh
masyarakat gampoeng untuk k edepannya.
2)
Semoga
masyarakat lebih terbuka lagi dalam menerima mahasiswa KKN.
3)
Semoga
masyarakat dapat lebih membantu, mengajari, dan membimbing mahasiswa KKN-PPM
kearah yang lebih baik.
4. Anggota Tim KKN
1) Kekompakan
merupakan elemen penting dalam melaksanakan program, namun egoisme dan
apatiseme kerap terjadi sebagai upaya pemenuhan kebutuhan perwujudan diri.
Dalam pelaksaan program hendaknya kekompakan ditumbuhkan dengan baik.
2) Mahasiswa
KKN harus siap segalanya. Dengan modal yang sudah dimiliki, baik teori dan
konsep serta ide mereka harus mampu mengeluarkannya dengan semaksimal mungkin.
LAMPIRAN
KEMENTERIAN
RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS
MALIKUSSALEH
2019
LAMPIRAN 1: REKAPITULASI BIAYA KEGIATAN
Pembuatan Sabun Cuci Piring
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Bahan
Kimia
|
1 set
|
Rp 90,000
|
2
|
Botol
Plastik
|
40 buah
|
Rp 5,000
|
3
|
Print
Label Produk
|
4 Lbr
|
Rp 8,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 103,000
|
|
Pembuatan Sabun Detergen
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Bahan
Kimia
|
1 set
|
Rp 90,000
|
2
|
Pewangi
|
5 ml
|
Rp 20,000
|
3
|
Botol
Plastik
|
40 buah
|
Rp 5,000
|
4
|
Print
Label Produk
|
4 Lbr
|
Rp 8,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 123,000
|
|
Pembuatan Spanduk
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Spanduk
Posko
|
1 lembar
|
Rp 100,000
|
2
|
Tali
Rapia
|
1 gulung
|
Rp 5,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 105,000
|
|
Sosialisasi Pentingnya
Menabung Sejak Dini
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Celengan
|
24 buah
|
Rp 50,000
|
2
|
Snack
|
4 pack
|
Rp 70,000
|
3
|
Plastik
pembungkus
|
3 pack
|
Rp 24,000
|
4
|
Permen
|
2 pack
|
Rp 40,000
|
5
|
Cat Air
|
1 pack
|
Rp 45,000
|
6
|
Kain
Polos
|
2 Meter
|
Rp 16,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 245,000
|
|
Pembuatan Tanaman Holtikultura di pekarangan Meunasah
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Bibit
Kangkung
|
1 pack
|
Rp 10,000
|
2
|
Pupuk
KCL
|
1 ons
|
Rp 2,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 12,000
|
|
Kripik Bonggol Pisang
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Bonggol
Pisang
|
1 Bonggol
|
Dari Warga
|
2
|
Bawang
Putih
|
1/4 kg
|
Rp 12,000
|
3
|
Tepung
|
1 kg
|
Rp 7,000
|
4
|
Ketumbar
|
1 0ns
|
Rp 5,000
|
5
|
Minyak
|
2 kg
|
Rp 20,000
|
6
|
Plastik
Silk
|
2 pack
|
Rp 40,000
|
7
|
Kertas
Label
|
6 lmbar
|
Rp 12,000
|
8
|
Bumbu
Balado
|
1 Ons
|
Rp 10,000
|
6
|
Penyedap
Rasa
|
2 Sachet
|
Rp 1,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 107,000
|
|
Nugget Bonggol Pisang
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Bonggol
Pisang
|
2 Bonggol
|
Dari Warga
|
2
|
Bawang
Putih
|
1/4 kg
|
Rp 12,000
|
3
|
Tepung
|
2 kg
|
Rp 14,000
|
4
|
Ketumbar
|
1 0ns
|
Rp 5,000
|
5
|
Minyak
|
2 kg
|
Rp 20,000
|
6
|
Cup
plastik
|
1/2 pack
|
Rp 15,000
|
7
|
Kertas
Label
|
6 lmbar
|
Rp 12,000
|
8
|
Saus
|
1 kg
|
Rp 20,000
|
6
|
Mayounes
|
1 bungkus
|
Rp 35,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 133,000
|
|
Abon Bonggol Pisang
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Bonggol
Pisang
|
1 Bonggol
|
Dari Warga
|
2
|
Bawang
Putih
|
1/4 kg
|
Rp 12,000
|
3
|
Bawang Merah
|
1/4 kg
|
Rp 10,000
|
4
|
Lengkuas
|
1/2 0ns
|
Rp 2,000
|
5
|
Minyak
|
2 kg
|
Rp 20,000
|
6
|
Plastik
silk
|
1/2 pack
|
Rp 10,000
|
7
|
Kertas
Label
|
6 lmbar
|
Rp 12,000
|
8
|
Serai
|
3 batang
|
Rp 1,000
|
9
|
Daun
Jeruk Purut
|
2 lembar
|
Dari Warga
|
10
|
Daun
Salam
|
3 lembar
|
Dari Warga
|
Total
|
Rp.
|
Rp 67,000
|
|
Manisan Mangga
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Mangga
|
10 buah
|
Dari Warga
|
2
|
Gula
|
1 kg
|
Rp 12,000
|
3
|
Kapur
sirih
|
1 bungkus
|
Rp 2,000
|
4
|
Cup
plastik
|
1 pack
|
Rp 10,000
|
5
|
Air
|
500 ml
|
Rp 2,000
|
6
|
Tutup
cup
|
1 pack
|
Rp 5,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 31,000
|
|
Pembuatan Spanduk 18 perkara yg dapat di selesaikan di Gampung
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Print
Spanduk
|
1 lembar
|
Rp 70,000
|
2
|
Kayu
Spanduk
|
2 potong
|
Rp 70,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 140,000
|
|
Pembuatan Biogas
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Terpal
|
1 meter
|
Rp 32,000
|
2
|
pipa
|
1 batang
|
Rp 18,000
|
3
|
EM4
|
1 buah
|
Rp 35,000
|
4
|
Selang
|
3 meter
|
Rp 15,000
|
5
|
Ring
|
4 buang
|
Rp 12,000
|
6
|
Plastik
putih
|
4 meter
|
Rp 16,000
|
7
|
keran air
|
2 buah
|
Rp 15,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 143,000
|
|
Lomba Adzan, Pidato, Hafalan surat Pendek dan Hafalan Sholat
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Piala
|
12 buah
|
Rp 300,000
|
2
|
Sertifikat
Lomba
|
32 lembar
|
Rp 16,000
|
3
|
Snack
Juri
|
7 bungkus
|
Rp 42,000
|
4
|
Air
minum cup
|
2 kotak
|
Rp 30,000
|
5
|
Aqua
Botol
|
7 buah
|
Rp 21,000
|
6
|
Decorasi
|
4 meter
|
Rp 16,000
|
7
|
Keran air
|
2 buah
|
Rp 15,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 440,000
|
|
Kegiatan Expo
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Sewa
Tenda
|
1 hari
|
Rp 100,000
|
2
|
Sewa
Kain Decorasi Tenda
|
1 hari
|
Rp 25,000
|
3
|
Decorasi
|
Rp 80,000
|
|
4
|
Air
minum cup
|
4 kotak
|
Rp 68,000
|
5
|
Sewa
Bunga
|
1 hari
|
Rp 20,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 293,000
|
|
Sosialisasi Minat Bakat
dan Tes Psikologi Minat Bakat
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Alat
Tes Psikologi
|
1 hari
|
Rp 100,000
|
2
|
Minuman
|
4 kotak
|
Rp 52,000
|
3
|
Nasi
Kotak
|
3 kotak
|
Rp 45,000
|
4
|
Snack
|
20 kotak
|
Rp 124,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 321,000
|
|
Sensus Penduduk
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Fotocopy
sensus
|
300 lembar
|
Rp 105,000
|
2
|
Pensil
|
5 buah
|
Rp 20,000
|
3
|
Penghapus
|
5 buah
|
Rp 15,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 140,000
|
|
Kegiatan Les matematika, bahasa arab, bahasa inggris, pendidikan
Kewarganegaraan, bahasa indonesia
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Air minum
cup
|
2 kotak
|
Rp 30,000
|
2
|
Snack
|
3 bungkus
|
Rp 18,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 48,000
|
|
Kegiatan Gotong Royong
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Air
minum cup
|
1 kotak
|
Rp 15,000
|
2
|
Bensin
Mesin Babat Rumput
|
1 liter
|
Rp 10,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 25,000
|
|
Pembuatan Peta Gampong
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Print
untuk peta di A3
|
5 lembar
|
Rp 30,000
|
2
|
kertas
logo
|
1 pack
|
Rp 40,000
|
3
|
Lem Fox
|
1 buah
|
Rp 12,000
|
4
|
Pewarna
|
3 buah
|
Rp 15,000
|
5
|
Pisau
Cutter
|
1 buah
|
Rp 12,000
|
6
|
Kayu
Balsa
|
3 buah
|
Rp 100,000
|
7
|
Triplek
|
1 lembar
|
Rp 10,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 219,000
|
|
Sosialisasi meningkatkan kepercayaan diri anak paud
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Permen
|
1 pack
|
Rp 24,000
|
2
|
Pita
Tali
|
1 lingkar
|
Rp 4,000
|
3
|
Kertas
Origami
|
2 pack
|
Rp 8,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 36,000
|
|
Pembuatan Kue Boh Rom-Rom
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Tepung
Ketan
|
2 bungkus
|
Rp 16,000
|
2
|
Gula
Merah
|
1/4 kg
|
Rp 5,000
|
3
|
Keju
|
1 bungkus
|
Rp 28,000
|
4
|
Selai
Strawbery
|
2 cup
|
Rp 16,000
|
5
|
Kelapa
|
1 buah
|
Rp 3,000
|
6
|
Coklat
|
1 pack
|
Rp 18,000
|
7
|
Pewarna
Makanan
|
1 botol
|
Rp 6,000
|
8
|
Cup
plastik
|
15 buah
|
Rp 10,000
|
9
|
Cup Kue
|
50 cup
|
Rp 5,000
|
Total
|
Rp.
|
Rp 107,000
|
|
Total Biaya Kegiatan
|
Rp 2,843,000
|
MATRIKS JADWAL PROGJA KELOMPOK 27 KKN-PPM TIM
II ANGKATAN XXV
NO
|
PROGRAM KERJA
|
BULAN APRIL - MEI
|
|||||||||||||||||||||||||||
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
1
|
2
|
|||
A
|
Program Utama
|
||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Mengajar dan Bermain di Pelangi
Peduli 27 Meunasah Baro
|
||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Sensus
penduduk Gampong Meunasah Baro
|
||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Pembuatan
beberapa jenis makanan yang berasal dari Bonggol Pisang
|
||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Pembuatan
Profil Desa
|
||||||||||||||||||||||||||||
B
|
Program Mandiri
|
||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Mengasah
Kepercayaan Diri Anak
|
||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Pengembangan
Holtikultura di Pekarangan Meunasah
|
||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Pembuatan
Sabun Cuci Piring dan Sabun Cuci Baju
|
||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Pembuatan
Maket Gampong
|
||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Sosialisasi
Menabung
|
||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Sosialisasi
Minat Bakan dan Tes Psikologi Minat Bakat
|
||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Pemasangan
Pamplet 18 Perkara yang dapat diselesaikan ditingkat Gampong
|
||||||||||||||||||||||||||||
8
|
Pelatihan
Public Speaking dan Perlombaan
|
||||||||||||||||||||||||||||
9
|
Pembuatan
Website Gampong Meunasah Baro
|
||||||||||||||||||||||||||||
C
|
Program Penunjang
|
||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Gotong
Royong
|
||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Pengajian
Rutin
|
||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Mengajar
di Pengajian
|
||||||||||||||||||||||||||||
MATRIKS PROGRAM KERJA (PROGJA) BERDASARKAN
JENIS KEGIATAN PROGRAM KKN-PPM TIM I1 ANGKATAN XXV KELOMPOK 27 MEUNASAH BARO
NO
|
PROGRAM KERJA
|
Sasaran/Peserta
|
Lama Kagiatan
|
Tempat Kegiatan
|
Keterangan
|
A
|
Program Utama
|
||||
1
|
Mengajar
dan Bermain di Pelangi Peduli 27 Meunasah Baro
|
Anak-anak
di gampong Meunasah Baro
|
22
April – 1 Mei 2019
|
Kantor
Geuchik Gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
2
|
Sensus penduduk Gampong
Meunasah Baro
|
Seluruh
masyarakat Gampong Meunasah Baro
|
9 April – 21 April 2019
|
Gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
3
|
Pembuatan beberapa jenis
makanan yang berasal dari Bonggol Pisang
|
Ibu-ibu
PKK yang ada di gampong Meunasah baro
|
21 April – 26 April 2019
|
Salah satu rumah warga di
gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
4
|
Pembuatan Profil Desa
|
Masyarakat
gampong Meunasah Baro
|
21 April 2019
|
Kantor
Geuchik Gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
B
|
Program Mandiri
|
||||
1
|
Mengasah Kepercayaan Diri Anak
|
Siswa-siswi
di PAUD/TK SBB YULIZA
|
09 April 2019
|
PAUD/TK
SBB YULIZA yang beralamat di Gampong Meunasah Baro, Kec. Aceh Utara
|
Terlaksanakan
|
2
|
Pengembangan Holtikultura di
Pekarangan Meunasah
|
Seluruh
warga Gampong Meunasah Baro
|
9
April 2019.
|
Pekarangan
Meunasah yang beralamat di Gampong Meunasah Baro, Kec. Aceh Utara
|
Terlaksanakan
|
3
|
Pembuatan Sabun Cuci Piring dan
Sabun Cuci Baju
|
Ibu-ibu
PKK Gampong Meunasah Baro
|
23
April 2019 dan 25 April 2019
|
di
pekarangan Meunasah gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
4
|
Pembuatan Maket Gampong
|
Warga
gampong Meunasah Baro
|
29
April 2019
|
Kantor
Geuchik Gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
5
|
Sosialisasi Menabung
|
Siswa
di PAUD/TK SBB YULIZA yang berjumlah 23 siswa
|
23
April 2019
|
PAUD/TK
SBB YULIZA
|
Terlaksanakan
|
6
|
Sosialisasi Minat Bakan dan Tes
Psikologi Minat Bakat
|
Siswa
kelas X SMA Negeri 1 Muara Batu
|
27
April 2019
|
SMA
Negeri 1 Muara Batu, Kec. Muara Batu
|
Terlaksanakan
|
Pemasangan Pamplet 18 Perkara
yang dapat diselesaikan ditingkat Gampong
|
Seluruh
masyarakat Gampong Meunasah Baro
|
29
April 2019
|
Kantor
Geuchik Gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
|
7
|
Pelatihan Public Speaking dan Perlombaan
|
Anak-anak
gampong Meunasah Baro
|
23,
30 April s/d 1 Mei 2019
|
Balai
Pengajian yang ada di Gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
8
|
Pembuatan Website Gampong
Meunasah Baro
|
Masyarakat
Gampong Meunasah Baro
|
30
April 2018 s/d selesai
|
Kantor
Geuchik Gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
C
|
Program Penunjang
|
||||
1
|
Gotong Royong
|
Seluruh masyarakat
Gampong Meunasah Baro
|
8 April – 19 April 2019
|
Gampong
Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
2
|
Pengajian Rutin
|
Seluruh masyarakat
Gampong Meunasah Baro
|
10 April – 12 April 2019
|
Meunasah
gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
3
|
Mengajar di Pengajian
|
Anak-anak
gampong Meunasah Baro
|
8 April – 22 April 2019
|
Balai
Pengajian yang ada di Gampong Meunasah Baro
|
Terlaksanakan
|
KEMENTERIAN
RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS
MALIKUSSALEH
2019
FOTO KEGIATAN
Gambar 1 Penerimaan Mahasiswa KKN di Kantor Kecamatan
Muara Batu
Gambar 2 Tiba di Gampong KKN (Gampong Meunasan Baro),
dan Pengarahan dari ibu Dwi (Dosen Pembimbing Lapangan) dan Geuchik
Gambar 3 Perkenalan Dengan Perangkat Desa Pada Hari
Pertama
Gambar 4 Pemasangan Spanduk Posko
Gambar 5 Survei Keadaan Gampong Meunasah Baro dan
Bersilaturahmi Pengenalan diri kepada Masyarakat Gampong.
Gambar 6 Pembuatan Biogas
Gambar 7 Kegiatan Expo Kecamatan Muara Batu
Gambar 8 Peserta Nasyid Meunasah Baro pada Perlombaan
Expo
Gambar 9 Sosialisasi Pentingnya menabung di PAUD
Gambar 10 Malam Pembagian Hadiah Perlombaan
Gambar 11 Bersama Perangkat Desa Malam Perpisahan
DOKUMENTASI
A.
PROGRAM
UTAMA
1.
Mengajar
dan Bermain di Pelangi Peduli 27 Meunasah Baro
2.
Sensus penduduk Gampong Meunasah Baro
3.
Pembuatan beberapa jenis makanan yang
berasal dari Bonggol Pisang
B.
PROGRAM MANDIRI
1.
Mengasah Kepercayaan Diri Anak
2.
Pengembangan Holtikultura di Pekarangan
Meunasah
3.
Pembuatan Sabun Cuci Piring dan Sabun
Cuci Baju
4.
Pembuatan Maket Gampong
5.
Sosialisasi Menabung
6.
Sosialisasi Minat Bakan dan Tes
Psikologi Minat Bakat
7.
Pemasangan Pamplet 18 Perkara yang dapat
diselesaikan ditingkat Gampong
8.
Pelatihan Public Speaking dan Perlombaan
9.
Pembuatan Website Gampong Meunasah Baro
C.
PROGRAM PENUNJANG
1. Gotong
Royong
2. Mengajar
di Pengajian
0 komentar:
Posting Komentar