Minggu, 22 Desember 2019

Kedudukan Internet Dalam Komunikasi Massa

Perkembangan internet yang muncul pada abad ke 21 membuat pengguna internet dan masyarakat luas masih mengidentikkan internet sebagai perkembangan teknologi komputer atau “internet is tool is not medium”. Anggapan ini tidak menjadi hilang manakala booming fasilitas internet (e-mail, chatting dan browser) digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi. Perkembangan seperti ini pernah digambarkan Denis Mc Quail sebagai perangkat media elektronik baru yang mencakup beberapa beberapa sistem teknolgi; sistem transmisi (melalui kabel atau satelit), sistem miniaturisasi, system penyimpanan dan pencarian informasi, sistem penyajian, (dengan menggunakan kombinasi teks dan grafik secara lentur) dan sistem pengendalian (oleh komputer).
            Internet di kategorikan sebagai media komunikasi modern yang sangat digemari karena aksesnya yang sangat mudah. Melalui internet manusia dapat berinteraksi dengan mudah dan mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam kehidupan sehari-hari.
Media internet telah menjadi salah satu kontributor informasi dalam dunia komunikasi massa. Keberadaan e-mail sebagai salah satu langkah awal dari media komunikasi antar pribadi melalui media elektronik, saat ini telah berkembang menjadi beragam aplikasi yang terhimpun dalam dunia maya sehingga masyarakat tidak lagi memerlukan biaya besar untuk membeli surat kabar, majalah, radio, televise, karena semua yang terdapat di dalamnya dapat di akses lewat internet seperti koran elektrik, siaran radio streaming, you tube, dan sebagainya.
Ditinjau dari perspektif fungsional menurut McQuail (2000) internet sebagai media massa memiliki fungsi sebagai berikut:
1.      Information
Internet menyediakan informasi secara contimuos atau berkelanjutan. Kita dapat mengetahui peristiwa dibelahan dunia manapun dalam waktu beberapa detik setelah peristiwa tersebut terjadi. Internet juga memungkinkan kita unruk mengakses informasi cuaca, lalu lintas, ekonomi dan berbagai berita yang kita butuhkan.
2.      Correlation
Informasi yang kita dapat tidak hanya berupa berita dari suatu peristiwa, namun juga disetai opini masyarakat dan analisa dari beberapa ahli. Internet juga sudah digunakan oleh beberapa instansi pemerintah dan pendidikan untuk mempermudah sosialisai masyarakat.
3.      Continuity
Internet memiliki fungsi dalam mengekpresikan budaya yang dominan, memperkenakan perkembangan budaya baru, dan menanamkan nilai yang umum berkembang dalam masyarakat.
4.      Entertainment
Internet menyediakan hiburan dan menghilangkan ketegangan social. Dari internet kita dapat mengakses hiburan seperti game online, jejaring sosial, music dan film yang dapat menghilangkan kejenuhan.
5.      Mobilization
Internet mendorong pembangunan ekonomi, pekerjaan, agama maupun member dukungan kemanusiaan yang dapat menggerakkan manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

Referensi :
                jurnal : persuasi dalam media komunikasi massa

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nona Alviena Published @ 2014 by Ipietoon